Minggu, 09 Januari 2011

latihan soal bab STRATEGI ALIANSI STRATEJIK

1.    Setelah membaca kasus salim group, pelajran apa yang dapat kita ambil berkenaan dengan :
a.    Pola aliansi stratejik yang dilakukan Salim Group  ?
Jawab :
-          Pola pertama : Grup Salim sebagai  “pendatang baru” dan berada di belakang layar daLam perkembangan bisnis tersebut di pasar dalam negri. Partner liem umumnya adalah “muka lama” dalam bisnis itu yang telah berpengalaman dan lebih ahli daripada Group Salim.
-          Pola kedua : di terapkan dimana Group Salim menjadi pelopor dalam bidang bisnis baru di mana pihak swasta baru pertama kali memasukinya. Ditariknya dua partner pribumi dalam pola ini agaknya untuk melicinkan jalan mendekati “pusat kekuasaan”.
b.    Keunikan strategi aliansi Salim Group ?
Jawab :
Strategi aliansi Salim dikombinasikan dengan strategi “mendominasi pasar”,baik dengan strategi  integrasi horizontal maupun integrasi vertikal. Integrasi  vertikal dilakukan dengan merger, akusisi, dan pendirian perusahaan baru dalam industri yang sama. Sedangkan integrasi vertikal adalah kontrol terhadap produksi yang berkaitan sejak dari produksi bahan mentah hingga tahap distribusi dan penjualan.
2.     Sebutkan faktor-faktor yang memperkuat alasan perusahaan untuk melakukan aliansi stratejik.
Jawab :
-          Faktor Pendorong Eksternal
1.   Proses globalisasi menjadi kekuatan utama di balik pertumbuhan aktivitas nilai tambah lintas batas negara, yang juga meningkatkan saling ketergantungan ekonomi
2.   Meningkatnya internasionalisasi dan persaingan menimbulkan kebtuhan untuk bekerja sama secara regional
3.   Perkembangan teknologi yang cepat, siklus umur produk yang lebih pendek, dan kenaikan biaya litbang mendorong perusahaan-perusahaan untuk mewujudkan riset bersama dan berbagi sumber daya yang langka
4.   Munculnya banyak pesaing baru dalam bisnis tradisional memaksa perusahaan yang ada untuk membina hubungan dan memperluas jaringan yang erat
5.   Pergeseran dari produk menuju kompetensi memaksa perusahaan untuk keluar dan mencari pengetahuan yang saling melengkapi dan kompetensi yang baru
-     Faktor Pendorong Internal
          Adanya kebutuhan untuk bekerja sama untuk mencapai fleksibilitas, kompetensi inti, dan insentif yang berasal dari otonomi, pada waktu yang sama memanfaatkan sumber daya yang saling melengkapi bagi pembelajaran dan efisiensi
          Motif dan tujuan dibentuknya aliansi stratejik meliputi: Teknologi (know-how); Aset finansial; Persaingan; Akses pada segmen pasar; Akses terhadap input, output, dan pengalaman manajemen; Sumber daya dan kapabilitas yang saling melengkapi.
3.    Sebutkan kelemahan dan kekuatan aliansi stratejik.
Kelebihan
Kelemahan
        Akses terhadap aset pelengkap
        Kecepatan
        Kurangnya kontrol
        Membantu pesaing potensial
        Kelangsungan jangka panjang dipertanyakan
        Sukar untuk mengintegrasikan pembelajaran

 Jawab :

4.    Sebutkan dua aliansi stratejik internasional dan ciri-cirinya.
Jawab :

Alliance Joint Ventures
Functional-Spesific Competitive Alliances
       Badan hukum terpisah dengan, atau kadang-kadang tanpa kontribusi ekuitas
        Kerja sama dapat terbatas pada suatu fungsi atau mencakup fungsi yang luas
       Adalah umum bagi partner untuk bekerja sama dalam suatu produk atau segmen pasar tertentu, sementara pada saat yang sama tetap beroperasi sebagai pesaing di pasar yang lain
          Badan hukum tidak terpisah
           Kerja sama terbatas pada satu atau sejumlah fungsi tertentu, misalnya: (a) dalam litbang; (b) persetujuan distribusi silang; (c) persetujuan lisensi silang; (d) persetujuan kerjasama manufaktur; (e) joint bidding



5.    Pelajaran penting apa yang dapat diambil dari aliansi stratejik antara KLM dan Northwest ?
Jawab :
Fase Formasi
          Kedua perusahaan penerbangan mempunyai motivasi yang sama, yaitu: perluasan jaringan di seluruh dunia, perbaikan dalam pendapatan bisnis, dan mencapai suatu tingkat biaya kompetitif
Fase Operasi
          Variabel yang perlu diperhatikan: (1) Kontribusi mitra bisnis, (2) Pengendalian, (3) Wilayah yang rawan konflik dan hubungan dengan kontribusi mitra kerja dan pengendalian, (4) Peranan komunikasi dalam aliansi
Fase Evaluasi
          Kedua perusahaan sangat optimis dan memandang positif aliansi ini. Kedua perusahaan itu juga menyatakan bahwa mereka memiliki komitmen jangka panjang

1 komentar:

  1. Nice....
    Just Share Info mengenai Aliansi Strategis, barangkali bisa sedikit menambah bacaan. Klik --> Aliansi Strategis AQUA

    BalasHapus